AD-DURR AL-MANTSUR FI TAFSIR BI
AL-MA’TSUR
KARYA AS-SUYUTHI
A. Pengenalan
Kitab
1.
Nama Kitab:
2.
Nama Penulis:
Lama lengkap: Abdr Rahman bin Kamal bin Abu Bakr bin Muhammad bin Sabiq ad-Din bin Fajr bin Utsman bin Nadir
ad-Din Hamam al-Hudhairi as-Suyuthi. Lebih dikenal dengan nama as-Suyuthi (849H/1445M – 911H/1505M)
3.
Penerbit: Dar
al-Kutub al-Ilmiyah.
4.
Kota Penerbit:
Beirut, Lebanon
5.
Tahun Terbit: 1990
6.
Jumlah Juz/Jilid: 6 Juz/Jilid
No
|
Juz/Jilid
|
Surat
|
Hlm
|
1
|
I
|
Al-Fatihah – al-Baqarah
|
680
|
2
|
II
|
Ali
Imran – al-Ma’idah
|
629
|
3
|
III
|
Al-An’am – Hud
|
661
|
4
|
IV
|
Yusuf – al-Hajj
|
687
|
5
|
V
|
Al-Mu’minun – al-Jasiyah
|
779
|
6
|
VI
|
Al-Ahqaf – an-Nas
|
741
|
B.
Biografi
Penulis
Nama lengkapnya adalah al-Hafidz
Jalal ad-Din Abu al-Fadl Abd
ar-Rahman bin Abu Bakr bin Muhammad (bin Syaif ad-Din
Khudlari bin Najm ad-Din Abi as-Shalah Ayyub bin Nashir ad-Din Muhammad bin
as-Syaikh Hammamuddin al-Hammam al-Khudlari) as-Suyuthi. Beliau lahir di Kairo pada hari Ahad, bulan Rajab tahun 849 H.[2]
Beliau lahir dalam lingkungan
cendekiaan. Ayah beliau telah mengarahkan beliau sejak kecil untuk belajar
dengan menghadiri berbagai majelis ilmu pengetahuan. Ketika
ayahnya wafat, beliau masih berusia 5 tahun 7 bulan dan telah hafal al-Quran hingga surat at-Tahrim. Selepas ayahnya wafat, beliau diserahkan untuk diasuh kepada beberapa pihak, di antaranya Kamal bin Hammam (Pengarang Fathul Qadîr).
Di bawah pengawasan Kamal, Imam Suyuthi banyak berguru kepadanya dan mampu
mengkhatamkan al-Quran pada usia kurang dari 8 tahun serta telah hafal beberapa
kitab kecil antara lain; Umdatul Ahkam, Minhaj Nawawi, Alfiah ibn Malik,
Minhaj Baidlawi dll.[3]
Pada usia 16 tahun (864 H), beliau memulai pengembaraan
keilmuannya. Menurut penuturan muridnya, ad-Dawudi, tidak kurang dari 51 guru
(Syeikh) beliau datangi, dari berbagai disiplin ilmu.[4]
Beliau belajar ilmu Faraidl dari ahli Faraidl di
zamannya, Syaikh
Syihab ad-Din as-Syarmisaji, berguru Fiqh kepada Alam
ad-Din al-Bulqiny hingga tahun 878 H. Belajar Ulumul Quran
dan Fiqh kepada Syaraf ad-Din al-Manawy. Darinya beliau belajar al-Minhaj, Syarh
Bahjah dan Tafsir Baidlawi, belajar hadits kepada Taqiy ad-Din
as-Syabli al-Hanafi selama 4 tahun, berguru Tafsir, Ushul, Lughah, Ma’ani
dll. selama 14 tahun kepada Syaikh Muhy ad-Din al-Kafiyaji.
Selain itu, beliau juga sering sima’an kepada
beberapa syaikh. Kurang lebih 150 Syeikh beliau datangi bersama rekannya, Syams
ad-Din as-Syahawi dan ‘Ali al-Asymuni, di antaranya; Syaikh Syaif ad-Din al-Hanafi, Syaikh Sairafi, syaikh Syams ad-Din al-Marzabani dll.[5]
Beliau melakukan perjalanan keilmuan ke berbagai tempat
antara lain; Syam, Hijaz, Yaman, India, Maroko, dan Saudi Arabia. Imam Suyuthi
merupakan ilmuan yang unggul dalam berbagai disiplin ilmu.Berbagai disiplin
ilmu beliau geluti, tak luput ilmu kedokteran pula yang beliau pelajari.
Beliau adalah ulama yang produktif, telah menulis
berbagai buku dalam berbagai bidang ilmu . Tidak kurang 30 buah karya di bidang
Ulum al-Qur’an beliau hasilkan, 20 buah di bidang Ulum al-Hadis, 12 buah di
bidang ilmu Fiqh, demikian juga dalam bidang Tasawuf, Bahasa dan lain-lain.
Berikut adalah karya-karya beliau dalam
bidang Tafsir & Ulumul Quran:
1.
Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an
2.
Asrar
at-Tanzil
3.
Al-Iklil
fi Istinbath at-Tanzil
4.
Syarh
Syatibiyyah fi al-Qira’at
5.
Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul
6.
Ad-Durrul Mansur fi Tafsir bil Ma’tsur
7.
At-Thabir
fi ‘Ulum at-Tafsir.[6]
Menginjak
usia 40 tahun, beliau mengasingkan diri dari urusan keduniaan dan lebih
berkonsentrasi dalam beribadah kepada Allah Swt. Benar-benar pengunduran diri
secara total, sehingga seolah-olah tidak mengenal siapapun di dunia ini. Banyak
para pembesar dan petinggi bangsa mengunjungi serta memberinya hadiah, namun selalu
ditolaknya.[7]
Beliau berhenti menulis, meninggalkan majlis fatwa, dan
pengajaran setelah 22 tahun bergelut dalam dunia tersebut. Beliau menghembuskan
nafas terakhirnya pada hari Kamis tanggal 9 Jumâdil Ula tahun 911H. di Kairo,
Mesir.[8]
C.
Tafsir
Ad-Durr
Al-Mantsur fi Tafsir bi al-Ma’tsur
1.
Latar Belakang Penulisan
Sebelum menyusun kitab tafsir ini, sebenarnya as-Suyuthi
telah menulis dua kitab tafsir, pertama berjudul Majma’ al-Bahrain wa Mathla’ al-Badrain
yang tidak jelas selesainya. Kedua, beliau menyusun kitab tafsir yang memuat
10.000 hadis baik yang marfu’ maupun mauquf, yang berjudul Tarjuman
al-Qur’an.
Dengan alasan sebagaimana dikemukakan oleh beliau,
selanjutnya beliau menyusun tafsir Ad-Durr Al-Mantsur fi Tafsir bi al-Ma’tsur
sekitar tahun 898H.[9] Mengenai
latar belakang penulisan tafsir ini, Beliau mengatakan:
“Ketika aku menyusun kitab Tarjuman al-Qur’an, yaitu kitab tafsir yang bersanad dari Rasulullah saw.dan
sahabat-sahabat beliau ra. dan
telah selesai dalam dua jilid, di dalamnya terdapat atsar-atsar dengan berbagai sanadnya,
aku melihat banyak kesulitan
di dalam menyusunnya dan orang-orang menghendaki matannya saja, bukan sanad yang panjang, maka aku ringkas dengan hanya
menuliskan matannya saja, merujuk dengan teliti kepada kitab-kitab yang
mu’tabar dan aku beri nama ad-Durr
al-Mansur fi Tafsir bi al-Ma’tsur”.[10]
2.
Format
Tafsir
a.
Sistematika
Tafsir
Di dalam menyusun kitab tafsir ini,
as-Suyuthi mengawalinya dengan menyebutkan ayat atau beberapa ayat atau surat
dengan menjelaskan sebab turunnya, keutamaannya, keutamaan membacanya, kemudian
menjelaskan tafsirnya berdasarkan riwayat-riwayat yang ada.[11]
b.
Metode
Tafsir
Tafsir ini tergolong tafsir Tahlili,
karena as-Suyuthi menafsirkan al-Qur’an secara keseluruhan berdasarkan tertib
mushaf Ustmani, secara urut yang dimulai dari surat al-Fatihah dan berakhir
pada surat an-Nas. Meski tergolong tafsir analisis, beliau di dalam tafsirnya
tidak memberikan penjelasan ayat dari segi bahasa, kandungan pengetahuan,
hukum-hukum, munasabah antar ayat maupun tambahan ijtihad (ra’yu)
sebagaimana lazim dilakukan oleh mufassir pada zamannya.[12]
c.
Corak
Tafsir
Tafsir
ini tergolong di dalam corak tafsir bil ma’tsur yang terkenal di
kalangan ahlussunnah. Hanya saja di dalam menyampaikan riwayat-riwayat tidak
menyertakan sanad-sanadnya yang lengkap. As-Suyuthi tidak sedikitpun
menyertakan pendapatnya di dalam tafsir ini. Beliau hanya menjelaskan al-Qur’an
seluruhnya berdasarkan hadis-hadis Nabi saw. pendapat (atsar) sahabat
dan tabi’in, namun tidak menjelaskan kualitasnya, sehingga tidak jarang
dijumpai didalam tafsir ini cerita-cerita israiliyat.[13]
3. Komentar Ulama
Tafsir ini merupakan
kitab tafsir yang berisi kumpulan bagian-bagian terpenting unsur penafsiran
ayat secara ma’tsur. Di dalamnya jarang dijumpai unsur penafsiran ayat yang bukan secara ma’tsur atau
tercampur unsur-unsur ra’yu. Bagi kita yang hendak mencari kitab yang
benar-benar kumpulan riwayat ma’tsur, barangkali ad-Durrul al-Mansur sebagai
jawabannya.[14]
Tafsir ini merupakan
kitab tafsir satu-satunya yang selaras antara penamaan dan isi kitab tersebut.
Sebab seringkali kitab-kitab tafsir dinamakan tafsir bil ma’tsur akan tetapi isinya
tidak selaras dengan namanya.[15]
[1]Kitab
Tafsir ini telah dicetak berulang kali, di antaranya di Kairo: Ahmad Babiy
aHalabiy, 1314 H. dalam 6 jilid; Beirut: Dar al-Fikr , 1403H/1983M, dalam 8
jilid; Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1411H/1990M. dalam 6 jilid. Lihat:
Muhammad ‘Ali Iyaziy, al-Mufassirun Hayatuhum wa Manhajuhum (Teheran:
Muassasah at-Thaba’ah wa an-Nasyr Wazarah ats-Tasaqafah wa al-Irsyad
al-Islamiy, 1373), hlm. 458
[10]As-Suyuthi, ad-Durr…, jilid I, hlm. 17. Lihat; Iyazi, Al-Mufassirun…,
hlm. 460-461.Lihat juga: adz-Dhahabi, al-Tafsir …, hlm. 181-182
Maaf, untuk pernyataan di dalam tulisan ini yang berbunyi imam suyuthi berhenti menulis setelah umur 40 tahun di poin B itu sepertinya tidak sesuai dengan poin C yang beliau masih menghasilkan karya di tahun 898 yaitu kitab yang dibahas ini,,
ReplyDeleteTapi saya masih awam. Minta tolong penjelasannya penulis tentang pernyataan ini