Friday, May 20, 2016

Makalah Study Kitab Tafsir Klasik tentang Ad-Durr Al-Mantsur Fi Tafsir Bi Al-Ma’tsur Karya As-Suyuthi



AD-DURR AL-MANTSUR FI TAFSIR BI
AL-MA’TSUR
KARYA AS-SUYUTHI

A.     Pengenalan Kitab
1.      Nama Kitab:
Ad-Durr Al-Mantsûr fî Tafsîr bi al-Ma’tsûr.[1]
2.      Nama Penulis:
            Lama lengkap: Abdr Rahman bin Kamal bin Abu Bakr bin Muhammad bin Sabiq ad-Din bin Fajr bin Utsman bin Nadir ad-Din Hamam al-Hudhairi as-Suyuthi. Lebih dikenal dengan nama as-Suyuthi (849H/1445M – 911H/1505M)
3.      Penerbit: Dar al-Kutub al-Ilmiyah.
4.      Kota Penerbit: Beirut, Lebanon
5.      Tahun Terbit: 1990
6.      Jumlah Juz/Jilid: 6 Juz/Jilid
No
Juz/Jilid
Surat
Hlm
1
I
Al-Fatihah – al-Baqarah
680
2
II
Ali Imran – al-Ma’idah
629
3
III
Al-An’am – Hud
661
4
IV
Yusuf – al-Hajj
687
5
V
Al-Mu’minun – al-Jasiyah
779
6
VI
Al-Ahqaf – an-Nas
741

B.     Biografi Penulis
            Nama lengkapnya adalah al-Hafidz Jalal ad-Din Abu al-Fadl Abd ar-Rahman bin Abu Bakr bin Muhammad (bin Syaif ad-Din Khudlari bin Najm ad-Din Abi as-Shalah Ayyub bin Nashir ad-Din Muhammad bin as-Syaikh Hammamuddin al-Hammam al-Khudlari) as-Suyuthi. Beliau lahir di Kairo pada hari Ahad, bulan Rajab tahun 849 H.[2]
            Beliau lahir dalam lingkungan cendekiaan. Ayah beliau telah mengarahkan beliau sejak kecil untuk belajar dengan menghadiri berbagai majelis ilmu pengetahuan. Ketika ayahnya wafat, beliau masih berusia 5 tahun 7 bulan dan telah hafal al-Quran hingga surat at-Tahrim. Selepas ayahnya wafat, beliau diserahkan untuk diasuh kepada beberapa pihak, di antaranya Kamal bin Hammam (Pengarang Fathul Qadîr). Di bawah pengawasan Kamal, Imam Suyuthi banyak berguru kepadanya dan mampu mengkhatamkan al-Quran pada usia kurang dari 8 tahun serta telah hafal beberapa kitab kecil antara lain; Umdatul Ahkam, Minhaj Nawawi, Alfiah ibn Malik, Minhaj Baidlawi dll.[3]
Pada usia 16 tahun (864 H), beliau memulai pengembaraan keilmuannya. Menurut penuturan muridnya, ad-Dawudi, tidak kurang dari 51 guru (Syeikh) beliau datangi, dari berbagai disiplin ilmu.[4]
Beliau belajar ilmu Faraidl dari ahli Faraidl di zamannya, Syaikh Syihab ad-Din as-Syarmisaji, berguru Fiqh kepada Alam ad-Din al-Bulqiny hingga tahun 878 H. Belajar Ulumul Quran dan Fiqh kepada Syaraf ad-Din al-Manawy. Darinya beliau belajar al-Minhaj, Syarh Bahjah dan Tafsir Baidlawi, belajar hadits kepada Taqiy ad-Din as-Syabli al-Hanafi selama 4 tahun, berguru Tafsir, Ushul, Lughah, Ma’ani dll. selama 14 tahun kepada Syaikh Muhy ad-Din al-Kafiyaji.
Selain itu, beliau juga sering sima’an kepada beberapa syaikh. Kurang lebih 150 Syeikh beliau datangi bersama rekannya, Syams ad-Din as-Syahawi dan ‘Ali al-Asymuni, di antaranya; Syaikh Syaif ad-Din al-Hanafi, Syaikh Sairafi, syaikh Syams ad-Din al-Marzabani dll.[5]
Beliau melakukan perjalanan keilmuan ke berbagai tempat antara lain; Syam, Hijaz, Yaman, India, Maroko, dan Saudi Arabia. Imam Suyuthi merupakan ilmuan yang unggul dalam berbagai disiplin ilmu.Berbagai disiplin ilmu beliau geluti, tak luput ilmu kedokteran pula yang beliau pelajari.
Beliau adalah ulama yang produktif, telah menulis berbagai buku dalam berbagai bidang ilmu . Tidak kurang 30 buah karya di bidang Ulum al-Qur’an beliau hasilkan, 20 buah di bidang Ulum al-Hadis, 12 buah di bidang ilmu Fiqh, demikian juga dalam bidang Tasawuf, Bahasa dan lain-lain.
Berikut adalah karya-karya beliau dalam bidang Tafsir & Ulumul Quran:
1.      Al-Itqan fi Ulum al-Quran
2.      Asrar at-Tanzil
3.      Al-Iklil fi Istinbath at-Tanzil
4.      Syarh Syatibiyyah fi al-Qira’at
5.      Lubab an-Nuqul fi Asbab an-Nuzul
6.      Ad-Durrul Mansur fi Tafsir bil Ma’tsur
7.      At-Thabir fi ‘Ulum at-Tafsir.[6]
            Menginjak usia 40 tahun, beliau mengasingkan diri dari urusan keduniaan dan lebih berkonsentrasi dalam beribadah kepada Allah Swt. Benar-benar pengunduran diri secara total, sehingga seolah-olah tidak mengenal siapapun di dunia ini. Banyak para pembesar dan petinggi bangsa mengunjungi serta memberinya hadiah, namun selalu ditolaknya.[7]
Beliau berhenti menulis, meninggalkan majlis fatwa, dan pengajaran setelah 22 tahun bergelut dalam dunia tersebut. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis tanggal 9 Jumâdil Ula tahun 911H. di Kairo, Mesir.[8]

C.     Tafsir Ad-Durr Al-Mantsur fi Tafsir bi al-Ma’tsur
1.      Latar Belakang Penulisan
Sebelum menyusun kitab tafsir ini, sebenarnya as-Suyuthi telah menulis dua kitab tafsir, pertama berjudul  Majma’ al-Bahrain wa Mathla’ al-Badrain yang tidak jelas selesainya. Kedua, beliau menyusun kitab tafsir yang memuat 10.000 hadis baik yang marfu’ maupun mauquf, yang berjudul Tarjuman al-Qur’an.
Dengan alasan sebagaimana dikemukakan oleh beliau, selanjutnya beliau menyusun tafsir  Ad-Durr Al-Mantsur fi Tafsir bi al-Ma’tsur sekitar tahun 898H.[9] Mengenai latar belakang penulisan tafsir ini, Beliau mengatakan:
“Ketika aku menyusun kitab Tarjuman al-Quran, yaitu kitab tafsir yang bersanad dari Rasulullah saw.dan sahabat-sahabat beliau ra. dan telah selesai dalam dua jilid, di dalamnya terdapat atsar-atsar dengan berbagai sanadnya, aku melihat banyak kesulitan di dalam menyusunnya dan orang-orang menghendaki matannya saja, bukan sanad yang panjang, maka aku ringkas dengan hanya menuliskan matannya saja, merujuk dengan teliti kepada kitab-kitab yang mu’tabar dan aku beri nama ad-Durr al-Mansur fi Tafsir bi al-Ma’tsur”.[10]

2.      Format Tafsir
a.      Sistematika Tafsir
      Di dalam menyusun kitab tafsir ini, as-Suyuthi mengawalinya dengan menyebutkan ayat atau beberapa ayat atau surat dengan menjelaskan sebab turunnya, keutamaannya, keutamaan membacanya, kemudian menjelaskan tafsirnya berdasarkan riwayat-riwayat yang ada.[11]

b.      Metode Tafsir
      Tafsir ini tergolong tafsir Tahlili, karena as-Suyuthi menafsirkan al-Qur’an secara keseluruhan berdasarkan tertib mushaf Ustmani, secara urut yang dimulai dari surat al-Fatihah dan berakhir pada surat an-Nas. Meski tergolong tafsir analisis, beliau di dalam tafsirnya tidak memberikan penjelasan ayat dari segi bahasa, kandungan pengetahuan, hukum-hukum, munasabah antar ayat maupun tambahan ijtihad (ra’yu) sebagaimana lazim dilakukan oleh mufassir pada zamannya.[12]
 
c.       Corak Tafsir
Tafsir ini tergolong di dalam corak tafsir bil ma’tsur yang terkenal di kalangan ahlussunnah. Hanya saja di dalam menyampaikan riwayat-riwayat tidak menyertakan sanad-sanadnya yang lengkap. As-Suyuthi tidak sedikitpun menyertakan pendapatnya di dalam tafsir ini. Beliau hanya menjelaskan al-Qur’an seluruhnya berdasarkan hadis-hadis Nabi saw. pendapat (atsar) sahabat dan tabi’in, namun tidak menjelaskan kualitasnya, sehingga tidak jarang dijumpai didalam tafsir ini cerita-cerita israiliyat.[13]

3. Komentar Ulama
Tafsir ini merupakan kitab tafsir yang berisi kumpulan bagian-bagian terpenting unsur penafsiran ayat secara ma’tsur. Di dalamnya jarang dijumpai unsur penafsiran ayat yang bukan secara ma’tsur atau tercampur unsur-unsur ra’yu. Bagi kita yang hendak mencari kitab yang benar-benar kumpulan riwayat ma’tsur, barangkali ad-Durrul al-Mansur sebagai jawabannya.[14]  
Tafsir ini merupakan kitab tafsir satu-satunya yang selaras antara penamaan dan isi kitab tersebut. Sebab seringkali kitab-kitab tafsir dinamakan tafsir bil ma’tsur akan tetapi isinya tidak selaras dengan namanya.[15]



                [1]Kitab Tafsir ini telah dicetak berulang kali, di antaranya di Kairo: Ahmad Babiy aHalabiy, 1314 H. dalam 6 jilid; Beirut: Dar al-Fikr , 1403H/1983M, dalam 8 jilid; Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1411H/1990M. dalam 6 jilid. Lihat: Muhammad ‘Ali Iyaziy, al-Mufassirun Hayatuhum wa Manhajuhum (Teheran: Muassasah at-Thaba’ah wa an-Nasyr Wazarah ats-Tasaqafah wa al-Irsyad al-Islamiy, 1373), hlm. 458
                [2]Iyaziy, al-Mufassirun …, hlm. 459. Lihat Jalal ad-Din as-Suyuthi, Ad-Durr Al-Mantsur fi Tafsir bi al-Ma’tsur (Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, 1990), Jilid I, hlm. 3
                [3]Jamal  Musthafa Abd al-Hamd Najjar, Manahij Tafsiriyyah (Kairo: Jami’ah al-Azhar, 2000), h. 251. Lihat: Mani’ Abd Halim Mahmud, Manahij al-Mufassirin  (Kairo: Dar al-Kitab al-Misriy, 1978), h. 247-249.
                [4]Najjar, Manahij…, hlm. 252
                [5]as-Suyuthi, ad-Durr al-Mantsur …, hlm. 6
                [6]Iyaziy, al-Mufassirun…, hlm. 459-460.
                [7]M. Husain az-Dhahabi, al-Tafsir Wa al-Mufassirun (Beirut: Dar al-Fikr, t.th.), hlm. 180.
                [8]Iyaziy, Al-Mufassirun…, hlm. 459
                [9]Iyazi, Al-Mufassirun…, hlm. 458
[10]As-Suyuthi, ad-Durr…, jilid I, hlm. 17. Lihat; Iyazi, Al-Mufassirun…, hlm. 460-461.Lihat juga: adz-Dhahabi, al-Tafsir …, hlm. 181-182
                [11] Iyazi, Al-Mufassirun…, hlm. 461.
                [12] Iyazi, Al-Mufassirun…, hlm. 461.
                [13] Iyazi, Al-Mufassirun…, hlm. 461.
[14]adz-Dzahabi, at-Tafsir, hlm. 181-182.
                [15]Najjar, Manahij Tafsiriyyah, hlm. 256

1 comment:

  1. Maaf, untuk pernyataan di dalam tulisan ini yang berbunyi imam suyuthi berhenti menulis setelah umur 40 tahun di poin B itu sepertinya tidak sesuai dengan poin C yang beliau masih menghasilkan karya di tahun 898 yaitu kitab yang dibahas ini,,
    Tapi saya masih awam. Minta tolong penjelasannya penulis tentang pernyataan ini

    ReplyDelete