Saturday, January 14, 2017

Kemajuan di Bidang Ilmu-ilmu Umum Pada Masa Bani Abbasiyah

Kemajuan ilmu-ilmu umum
a. filsafat
Filsafat muncul sebagai hasil integrasi antara islam dengan kebudayaan klasik Yunani yang terdapat di Mesir, Suria dan Persia. Perkembangan ilmu ini pada masa khalifah Harun ar-Rosyid dan Al-Ma’mun. Diantara tokoh-tokohnya ialah Al-Farabi, dan Ibnu Rusyd.
b. kedokteran
Pada masa ini ilmu kedokteran telah mencapai puncak tertinggi. Salah satu tokohnya adalah Ibnu Shina yang dijuluki sebagai bapak kedokteran dunia.
c. astronomi
Astronomi islam yang terkenal pada masa ini adalah al-Fazzari yang pertama menyusun atrolaber (alat yang dpakai sebagai pengukur tinggi bintang) dan al-Fargani yang telah mengarang ringkasan ilmu astronomi.
d. matematika
Tokohnya adalah al-Fazzari, yang memperkenalkan sistem angka Arab dan dikembangkan oleh al-Khawarizmi. Yang menemukan angka nol, dan yang menyusun buku tentang aljabar (Hisab Aljabar wa al-Mukabalah).[1]

3. Kemajuan dibidang kesenian
Kemajuan dibidang ini meliputi: seni budaya, seni bahasa, kisah dan riwayat, drama, seni suara, musik, seni tari, seni rupa, seni pahat, seni ukir, seni sulam, seni lukis, seni tulis, dan seni bangunan. Hal ini dibuktikan dengan adanya bangunan-bangunan megah dengan nilai arsitetur yang tinggi, berbagai jenis kaligrafi dan berbagai kesenian lainya. Salah satu tokoh yang ternama adalah Muhammad Iqbal yang menerangkan ilmu filsafat dengan bahasa sastra. Seniman seni ukir yang ternama adalah Badr dan Tarrif (961-976). Dan masih banyak yang lainnya.[2]

C. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Bani Abbasiyah
1. Faktor politik
a.       Berpindahnya ibu kota negara dari Syam ke Irak dan Bagdad sebagai ibu kotanya
b.      Banyaknya cendikiaan yang menjadi Khalifah
c.       Diakuinya mazhab Mu’tazilah sebagai mazhab remi pada masa khalifah al-Ma’mun.
2. Faktor Sosiografi
a.       Meningkatnya kemakmuran umat islam pada masa itu
b.      Luasnya wilayah islam
c.       Kepribadian dari beberapa kholifah yang sangat mencintai ilmu pengetahuan
d.      Diadakannya pengaturan, pembukuan, dan pembidangan ilmu pengetahuan.[3]




Kesimpulan
Bani Abbasiyah lahir pada tahun 132 H/ 750 M. Puncak kejayaan islam adlah ketika dibawah kepemimpinan khalifah Harun ar-Rosyid. Pada masa bani abbasiyah, islam mengalami kemajuan dan kekuasaan. Kemajuan dalam ilmu pengetahuan, baik agama maupun umum. Kemajuan kesenian. Kemajuan kekuasan, yang wilayahnya yang luas. Pada masa ini pula, islam dijadikan pusat ilmu pengetahuan terbesar di dunia. Adapun faktor-faktor yang mendukung perkembangan bani abbasiyah adalah faktor politik dan faktor sosiografi.
Demikian makalah yang dapat kami buat, apabila terdapat kesalahan dan kekuranga, baik tulisan maupun isi, kami mohon kritik dan saran dari para pembaca. Terimakasih atas partisipsi para pembaca.


DAFTAR PUSTAKA

Fu’adi, Imam. 2011 . Sejarah Peradaban Islam . Yogyakarta : Teras

Hasymy, Ahmad. 1995. Sejarah Kebudayaan Islam. Jakarta: PT. Bulan Bintang


http://perkembanganislambaniabbasiyah.blogspot.com/20:13/06-05-2014

Malik, Maman A. . 2005. Sejarah Kebudayaan Islam . Yogyakarta : Pokja Akademik

Misbah, Ma’ruf dkk. 2004. Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas III. Semarang: CV. Wicaksana

Rofiq, Choirul. 2009 . Sejarah Peradaban Islam . Ponorogo : STAIN Ponorogo Press




[1] Ahmad Hasymy, Sejarah Kebudayaan Islam, hlm.  276-278
[3] Ma’ruf Misbah dkk, Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Aliyah Kelas III, hlm. 61

1 comment:

  1. If you're trying to lose pounds then you certainly need to start following this totally brand new personalized keto plan.

    To design this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and cooks joined together to provide keto meal plans that are effective, suitable, cost-efficient, and delightful.

    Since their first launch in January 2019, 100's of clients have already completely transformed their figure and health with the benefits a smart keto plan can provide.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-proven ones provided by the keto plan.

    ReplyDelete