Wednesday, November 30, 2016

Makalah Hadits Science tentang Manfaat Susu dan Kandungannya Untuk Manusia

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Sehat merupakan nikmat Allah yang luar biasa oleh karena itu hendaklah kita mensyukuri nikmat dan karunia Allah. namun manusia sering melupakan hal itu, sebagaimana sabda Rasulullah. “ada dua nikmat yang banyak di lupakan manusia, yaitu nikmat sehat dan peluang kesempatan.”
Manusia mendapatkan makanan dalam jumlah besar dari makanan hewani (makanan yang bersumber dari hewan) makanan hewani termasuk penghasil energy dan sumber protein esensial. Sebagian gizi hewani bahkan menjadi bahan yang penting bila di gabungkan kedalam vitamin dan garam mineral.
Gizi hewani istimewa karena lezat rasanya, mengundang selera, di sukai manusia, dapt di cerna oleh alat-alat tubuhnya dengan cara yang lebih baik dari pada gizi nabati.
Gizi hewani yang terdapat didalam al-Qur’an  al-karim adalah susu, madu, segala macam daging, ikan dan unggas.[1] Dan untuk yang selanjutnya dalam makalah ini akan di bahas secara spesifik mengenai sumber makanan hewani dari susu.
           
B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang diatas pemakalah mengambil rumuan masalah bagaimana manfaat susu dan kandungannya untuk manusia ?  





BAB II
PEMBAHASAN
a)         Manfaat susu
Iamam abu dawud dan ibnu majah meriwayatkan dengan sanad hasan dari Rasulullah SAW. Beliau bersabda
وَمَنْ سَقَاهُ لَبَنًا، فَلْيَقُلْ : الَّلهمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْهِ ، وَزِثدْنَ مِنْهُ, ففَإنَّهُ لَيْسَ شَيْءٌ يُجْزِي مِنَ الطَّعاَمِ وَالشَّرابِ غَيْرَ اللَّبَنِ. (رَوَاه أبو داود وابن مجه)
“barang siapa di beri minuman berupa susu, hendaklah ia berdoa allahumma barik lana fihi wa zidna minhu ( ya Allah berkahilah susu ini untuk kami dan berilah kami susu lebih banyak lagi ) karena tidak ada sesuatu yang bisa mencukupi sebagai ganti makanan dan minuman selain susu”.
Ilmu pengetahuan modern seperti yang di tegaskan oleh study yang di lakukan oleh Dr hisyam al-Khathib menetapkan bahwa susu adalah satu-satunya makanan yang mengandung semua bahan dasar yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Susu mengandung zat gula, lemak, garam-garam mineral, besi sodium, vitamin A, dan vitamin C. waktu yang paling tepat untuk meminumnya adalah pada pagi hari susu tidak boleh di minum bersamaan dengan makanan yang mengandung protein kuat seperti kacang tanah (ful) kacang panjang (hims), daging, ikan, dan ayam. Susu bisa di minum dengan telur.
Susu memiliki komposisi sebagai berikut
1. Lemak
Lemak susu tersusun dari zat kasraida yang terdapat dalam susu dalam bentuk tetesan-tetesan bulat. Oleh karena itu susu akan kehilangan banyak manfaat gizinya jika krim yang mengandung lemak ini di buang
2. Protein
Protein dalam susu ada dua macam: fosfor protein (caseinogen) dan lactalbumin. Kedua protein ini memberikan nilai gizi sangat tinggi pada susu. Berbeda dari yang lain, komposisi protein di dalam susu itu lengkap dan sempurna.
3. Mineral
Kandungan utama susu adalah sodium, kalsium magnesium, dan potasium.
4. Vitamin
Susu mengandung semua vitamin, yaiitu vitamin A, vitamin B, vitamin, vitamin B2, vitamin B12, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E, kandungan vitan yang paling besar adalah kandungan vitamin A dan vitamin D. adapun kandungan vitamin C relative sedikit, karena itu mencampur susu dengan juz jeruk bisa menggantikan kekurangan vitamin C.
5.   Karbohidrat
Susu mengandung karbohidrat yang menghasilkan energi yang sangat di bituhkan manusia untuk melakukan aktivitas dan gerak.
Susu bisa memperkuat tulang anak-anak, membantu pertumbuhan mereka, mengganti sel-sel mereka yang rusak, mencegah penyakit rakitis dan memperkuat gigi mereka karena kandungan kapur dan fosfor di dalam susu cukup tinggi dan dalam bentuk yang mudah di resap.
            Susu sangat baik untuk dada dan paru-paru serta termasuk nutrisi dan obat bagi penderita gangguan penyakit hati karena mengandung laktosa yang mencegah terserapnya beberapa zat yang terdapat dalam usus yang bisa menyebabkan terjadinya koma hepatic (koma yang menyertai ensefalopati hepatikum).
            Komposisi zat-zat protein  dalam susu di yakini tidak di temukan secara cukup di dalam makanan lainnya. Telah terbukti bahwa tidak terpenuhinya kebutuhan protein selama sepuluh hari bisa mnyebabkan kekacauan kadar protein darah.[2]
Susu yang paling banyak di konsumsi di Negara kita adalah susu kerbau dan sapi, walau di konsumsi juga susu kambing  dan susu unta. Daftar berikut ini menunjukkan prosentase penyusun pada jenis-jenis susu yang beragam.[3]
Jenis susu
air
Lemak
Gula
Kasinogen
Protein Lain
Abu
Manusia
Kerbau
Spi
Unta
Kambing
87,6
86,4
87,32
86,57
79,46
3,74
7,53
3,75
3,07
8,63
6,37
4,22
4,75
5,59
4,28
0,90
3,49
3,00
3,49
5,23
0,40
0,86
0,40
0,38
1,45
0,20
0,76
0,75
0,77
0,97

b)     Hadis nabi terkait dengan susu unta
               Al-bukhari meriwaytkan dari Anas r.a. bahwa suatu kaum dari urainah menghadap Rasulullah Saw. Mereka berkata kepada Nabi, “kami mengalami masalah di madinah. Perut kami kembung dan anggota badan kami terluka.” Lalu, Rasulillah Saw memerintahkan mereka untuk mencari peternak unta. Lalu, mereka meminum susu dan air kencing unta. Lalu mereka meminum susu dan air kencing unta sehingga perut kembungnya sembuh dan kulitnya membaik.
              Hadis tersebut di atas jelas menginformasikan bahwa susu dan kencing unta menjadi obat untuk beberapa penyakit. Perut kembung bisa jadi di sebabkan oleh radang usus  besar karn terkumpulnya zat atau enzim padanya, atau bergabungnya ratusan protein di rongga perut yang di kenal dengan edema.
         Kedua penyakit tersebu bisa di obati dengan memanfaatkan susu dan kencing unta, karena tambahan zat anti bodi yang terdapat pada susu dan kencing unta merupakan rahasia kesembuhan atau memperbaiki berbagai penyakit seperti penyakit radang hati atau hepatitis B dan C, beberapa radang usu besar yang kronis, berbagai macam penyakit kanker yang masih baru, serta gangguan pencernaan. Itulah berbagai keterangan dan hasiat susu yang di keluarkan oleh Allah Swt dari sari pati antara kotoran dan darah menjadi susu yang bersih, nikmat di minum dan kaya akan protein yang bisa menyembuhkan tentunya dengan izin Allah.[4]

c)      Manfaat susu unta
              Susu unta di anggap sebagai sumber gizi utama di padang pasir. bahkan susu ini di anggap sebagai susu yang paling bagus, susu ini di hidangkan ketika masih segar, cita rasa susu unta cukup beragam. Ada yang sangat manis, tawar, dan asin, padahal makanan yang di konsumsi  unta adalah apa yang di beri oleh pemiliknya.
              Para ahli telah melakukan penelitian terkait dengan susu unta sejak kuartal terahir abad kedua puluh. Mereka melakukan penelitian terhadap ratusan unta dari berbagai jenis. Para peneliti memperhatikan jumlah susu di perah dalam sehari, susu yang di perah setelah melahirkan, maupun kandungan yang ada dalam susu unta. Setelah melakukan berbagai penelitian, para ahli menemukan bahwa susu unta di anggap sebagai unsur dasar dalam memperbaiki gizi manusia baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya.[5]

d)     Kandungan susu unta
              Kandungan susu unta bertingkat-bertingkat tergantng pada frekuensi peraha, usia unta, jumlah anak, jumlah dan jenis makanan yang di berikan, dan jumlah air yang di minumnya . susu unta di anggap sebagai susu yang memiliki zat alkali (zat kimia yang menetralisir asam yang tinggi) yang tinggi, tetapi cepat berubah menjadi asam jika di biarkan beberapa saat dan besaran ph-nya berubah dari 6,5-6,7 menjadi lebih tinggi lagi factor yang mempercepat menjadi asam karena bertambahnya asam laktat dari 3% setelah dua jam 14% setelah enam jam.   
              Kadar air pada susu unta berubah dari 84% menjadi 90%. Kandungan lemaknya tidak terlalu tinggi yaitu, sekitar 5,4%. Kandungan protein sekitar 3%. Kadar gula sekitar 3,4%. Kadar materi lain seperti zat besi, kalsium, fasfor, potasium, dan magnesium sekitar 0,7%. Kandungan ini memiliki perbedaan tergantung pada jenis unta serta pakan dan minuman unta. Kandungan lemak yang ada pada susu unta lebih rendah di bandingkan lemak pada susu kerbau, yaitu 31,6% berbanding 40,9%. Lemak pada susu unta bersatu dengan protein, sehingga susah untuk di pisahkan dengan cara yang biasa seperti yang di lakukan terhadap susu yang lain.
              Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih pendek di banding susu lain. Susu unta memiliki lebih besar susunan zat asam lemak yang mudah mengembang, terutama linolenic dan berbagai zat asam lemak yang sangat vital untuk gizi manusia, khususnya mereka yang menderita penyakit jantung. Di samping itu, kadar kolesterol pada susu unta lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi sekitar 40% dan kandungan protein kasein pada susu unta secara umum mencapai 70%. Sehingga membuuat susu unta mudah di konsumsi.
              Susu unta juga mengandung vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak di bandingkan dengan susu sapi, kadar ini akan terus bertambah jika unta di beri pakan rumput yang kaya vitamin. Vitamin B1 dan B2 susu unta tersedia lebih banyak di bandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan vitamin A dan karotin yang cukup tersedia.[6]

e)      Kandungan susu unta untuk pencernaan
              Berbagai penelitian yang di lakukan oleh Al-Ajami (1994 dan 2000), Al-Ajami dan rekannya (1992-1998), menemukan bahwa susu unta memiliki karakteristik khusus untuk pencernaan. Ia mngandung zat yang berkadar tinggi yang berguna untuk melawan bakteri mematikan dan berbagai virus. Di india susu unta di gunakan sebagai obat endema (busung air), jamur, gangguan limpah, TBC, asma anemia dan wasir. Di samping itu susu unta juga bagus untuk penderita penyakit hati yang kronis dan memperbaiki fungsi hati. Susu unta juga di berikan kepada orang tua lanjut usia, anak muda, dan anak kecil. Susu ini penting untuk pembentukan tulang, karena memiliki kadar glukosa yang rendah, susu unta cocok untuk pengobatan penyakit gula. Yang menakjubkan susu unta mengandung kadar insulin dan protein yang tinggi. Jika susu ini di konsumsi, maka ia akan di cerna dari lambung ke darah tanpa proses pemecahan asam. Dengan proses pemecahan asam terhadap insulin biasa.
              Pada penelitian modern di temukan bahwa para penderita penyakit jenis pertama seperti penyakit gula, mendapakan manfaat setelah mengkonsumsi satu gelas susu unta dan dapat menurunkan kadar gula darah serta menurunkan kadar insulin mereka.[7]










BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
            Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan bahwasannya susu adalah satu-satunya makanan yang mengandung semua bahan dasar yang di butuhkan oleh tubuh manusia. Susu mengandung zat gula, lemak, garam-garam mineral, besi sodium, vitamin A, dan vitamin C. terlebih pada susu unta yang begitu besar akan kaya Vitamin B1 dan B2 susu unta tersedia lebih banyak di bandingkan dengan susu domba. Begitu pula dengan vitamin A dan karotin yang cukup tersedia. Susu unta juga mengandung vitamin C dengan kadar tiga kali lebih banyak di bandingkan dengan susu sapi juga Kandungan lemak yang ada pada susu unta lebih rendah di bandingkan lemak pada susu kerbau, yaitu 31,6% berbanding 40,9% dan Kandungan asam lemak pada susu unta mengalami proses yang lebih pendek di banding susu lain.

DAFTAR PUSTAKA
thalbah Hisham, ensiklopedia mukjizat al-Quran dan hadis jilid 5,  Bekasi: sapta sentosa, 2008.
Yusuf al-Hajj Ahmad, Ensiklopedi Kemukjuzatan Ilmiah dalam al-Qur’anan Sunnah jilid 5 (trj) Masturi Ilham lc. Dkk,  PT Kharisma Ilmu, 2009.
Mahram Jamaluddin, Dr. ‘abdul ‘Azhim Hafna Mubasyir, Al-Qur’an Bertutur Tentang Makanan dan Obat-obatan (trj) Irwan Raihan,  Mitra Pustaka, Yogyakarta: 2005.




[1] Dr. Jamaluddin Mahram, Dr. ‘abdul ‘Azhim Hafna Mubasyir, Al-Qur’an Bertutur Tentang Makanan dan Obat-obatan (trj) Irwan Raihan,  Mitra Pustaka, Yogyakarta: 2005, hal 293.
[2] Ahmad Yusuf al-Hajj, Ensiklopedi Kemukjuzatan Ilmiah dalam al-Qur’anan Sunnah jilid 5 (trj) Masturi Ilham lc. Dkk,  PT Kharisma Ilmu, 2009.
[3] Dr. Jamaluddin Mahram, Dr. ‘abdul ‘Azhim Hafna Mubasyir, Al-Qur’an Bertutur…hal 297.
[4] Hisham thalbah, ensiklopedia mukjizat al-Quran dan hadis jilid 5,  Bekasi: sapta sentosa, 2008, hl 7-8.
[5] Hisham thalbah, ensiklopedia mukjizat al-Quran dan hadis jilid 5, … hl1-2.
[6] Hisham thalbah, ensiklopedia mukjizat Al-Quran jilid 5 …hl 2.
[7] Hisham thalbah, ensiklopedia mukjizat al-Quran dan hadis jilid 5… hl 5.

No comments:

Post a Comment