Tuesday, July 5, 2016

Makalah Kewirausahaan tentang Proposal Usaha Rempeyek Udang



                                                                                                                                                          I.            Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Makanan merupakan kebutuhan yang wajib ada setiap hari pada setiap manusia, baik orang kaya, tingkat menengah maupun miskin. Nah, ketiga golongan tersebut dalam memakan makanan, tentu akan berbeda sesuai dengan kapasitasnya. Ada yang hanya makan untuk bersifat wajib, yaitu hanya memenuhi kebutuhannya, ada juga yang setiap hari harus ada makanan buat santai, meskipun kebutuhan pokoknya sudah dipenuhi, dalam hal ini orang-orang menyebutnya “cemilan”, tingkat pembelian cemilan ini juga tergantung pendapatan seseorang.
Dalam perkembangan makanan, mengalami banyak sekali peningkatan yang cukup pesat, banyak beranekaragam makanan yang unik-unik dan lezat, namun tidak bisa dipungkiri juga, terdapat makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan, karena dalam proses pembuatan makanan tersebut ada zat-zat berbahaya pada kompisisi makanan tersebut.
Melihat kedua  kondisi tersebut, saya ingin menawarkan produk makanan yang mana bisa menjembatani anatara orang kaya, menengah maupun miskin. Karena makanan yang saya tawarkan adalah cocok untuk dijadikan lauk dan juga cocok untuk cemilan. Jadi setiap golongan orang dapat masuk. Jika dilihat dari faktor kesehatan, produk makanan saya sangat bergizi, karena banyak mengandung gizi, yaitu “Rempeyek Udang”. Untuk itu peluang dalam usaha ini sangat bagus. Bisa dilihat dari perkembangan yang saya jalankan, sebenarnya sudah maju pesat, namun karena keterbatasan modal akhirnya usaha ini hanya berkutat putar balik, artinya keuntungannya hanya untuk modal dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika modal lebih banyak, produksi pun banyak dan dalam masa selanjutnya akan membuka banyak cabang, tentu juga membutuhkan banyak karyawan, yang mana juga dapat bermanfaat orang banyak.
B.     Visi
·         Menjadikan makanan khas
·         Mendongkrak perokonomian daerah

C.    Misi
·         Menawarkan makanan khas yang memiliki khasiat
·         Menjual makanan yang murah, enak dan cocok untuk segala cuaca

D.    Tujuan Usaha
Melihat kondisis masyarakat kecil yang dipermainkan dalam konteks perokonomian. Produk makanan ini nanti akan membuat sistem yang saling menguntungkan, yang mana bisa dijadikan acuan oleh daerah.


                                                                                                                                           II.            Ringkasan Produk

1.      Profil Usaha
Ø  Nama               : Rempeyek Udang
Ø  Jenis Usaha     : Makanan Khas
Ø  Alamat                        : 002/006 Menco, Berahan Wetan, Wedung Demak
Ø  HP                   : 085840972400

2.      Gambaran Awal Usaha
Produk ini awalnya dimulai dengan modal seadanya, sampai sekarang ternyata perkembangannya lumayan pesat, namun keuntungannya hanya putar balik. Nah untuk mengembangkannya diperlukan modal yang lumayan besar sehingga bisa menjadi ikon di daerahku.

3.      Produk
1)      Gambaran Produk
Produk makanan ini menggunakan bahan yang menjadi mata pencahariaan di daerah saya, mudah mendapatkan bahan-bahannya dan lumayan murah, yaitu “udang”. Udang ini dibuat Rempeyek yang Renyah sehingga cocok untuk kondisi apa-pun.
2)      Gambaran Persaingan
Memang tidak dipungkiri, di daerah saya sudah banyak pesaing yang membuat produk yang sama, namun karena produk saya yang pertama dan kelezatannya sudah terkenal, sehingga tidak mempengaruhi penjualan saya.
3)      Gambaran Penjualan
Penjualan pada saat ini masih berkutat ke daerah saya saja, rencana ke depan, mencari sales dan menyebarkan produk ini keseluruh Demak, setelah maju, membuat cabang-cabang di kota-kota lain.

                                                                                                                                              III.            Analisis SWOT

a)      Strengt (Kekuatan)
·         Rasanya renyah, gurih dan murah
·         Cocok untuk segala kondisi
·         Cocok untuk cemilan dan lauk


b)     Weakness (Kelemahan)
·         Kurangnya karyawan
·         Kurangnya modal
·         Daya tahan hanya satu bulan
·         Cuaca hujan, sehingga untuk menjemur udangnya kesulitan

c)      Opprtunity (Peluang)
·         Digemari masyarakat
·         Pertama yang membuat di daerah
·         Sudah menjadi ciri khas daerah
·         Masyarakat menyukai hal praktis, simple dan mudah didapat

d)     Threat (Ancaman)
·         Bahan pokok pembuatan sewaktu-waktu berubah-ubah, sehingga kesulitan menentukan harga
·         Tidak tahan lama “Melempem”

                                                                                                                             IV.            Perencanaan Keuangan

A.    Biaya Tetap
·         Pengering Rempeyek              : 5.000.000
·         Alat Pres 5 unit                       : 5.000.000
·         Kompor Gas 3 unit                 : 1.200.000
·         Peralatan Masak                      : 2.500.000
·         Pembuatan Stiker dan banner : 1.00.000
Total                                        : 13.800.000

B.     Biaya Variabel Per-hari
·         Plastik 5 barel                          : 250.000
·         Bawang Merah 5 kg                : 1.00.000
·         Bawah Putih  5 kg                  : 1.00.000
·         Udang Kering 3 kg                 : 240.000
·         Mrico 2 ons                             : 10.000
·         Ketumbar 5 ons                       : 60.000
·         Laos 5 ons                               : 10.000
·         Kencur 5 ons                           : 10.000
·         Tempung Beras 5 kg               : 90.000
·         Tempung Gandum 30 kg        : 90.000
·         Garam dan Micin                    : 10.000
·         Kemirir 1 kg                            : 60.000
Total                                        : 805.000

C.    Total Biaya
Biaya Tetap + Biaya Variabel
13.800.000 + 805.000 = 14.605.000
D.    Daftar Harga
Plastik Kecil    = 1.500
Plastik Besar   = 4.500

E.     Pendapatan
Target penjualan setiap hari adalah 2.500 per-hari plastik kecil dan 5.00 untuk plastik besar.
Penadapatan harian     untuk plasti kecil                     : 500 X 2500   = 1.250.000
                                    untuk plastik besar                  : 500 X 750     = 3.75.000
Total Pendapatan setiap hari               = 1.250.000 + 3.75.00             = 1.625.000
Total keuntungan setiap bulan            = 30 X 1.625.000                    = 48.750.000

                                                                                                                                                                V.            Penutup

A.    Antispasi Masa Depan
Saya akan terus mengembangkan inovasi tentang rasa, sehingga konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, dan akan tetap menerima masukan kritik, saran yang membangun dari konsumen.
B.     Kesimpulan
Menurut saya, melihat perkembangan yang saya alami selama satu tahun ini, mengalami perkembangan sangat pesat, melihat pesanana yang terus meningkat setiap hari, itupun baru di daerah saya, apalagi nanti disebar di daerah-daerah yang mahal harga udangnya, tentu akan sangat tertarik. Melihat peluang itu, saya yakin usaha ini akan sukses besar.

No comments:

Post a Comment