I.
Pendahuluan
A.
Latar Belakang
Makanan merupakan kebutuhan yang wajib ada setiap hari pada setiap
manusia, baik orang kaya, tingkat menengah maupun miskin. Nah, ketiga golongan
tersebut dalam memakan makanan, tentu akan berbeda sesuai dengan kapasitasnya.
Ada yang hanya makan untuk bersifat wajib, yaitu hanya memenuhi kebutuhannya,
ada juga yang setiap hari harus ada makanan buat santai, meskipun kebutuhan
pokoknya sudah dipenuhi, dalam hal ini orang-orang menyebutnya “cemilan”,
tingkat pembelian cemilan ini juga tergantung pendapatan seseorang.
Dalam perkembangan makanan, mengalami banyak sekali peningkatan
yang cukup pesat, banyak beranekaragam makanan yang unik-unik dan lezat, namun
tidak bisa dipungkiri juga, terdapat makanan yang sangat berbahaya bagi kesehatan,
karena dalam proses pembuatan makanan tersebut ada zat-zat berbahaya pada
kompisisi makanan tersebut.
Melihat kedua kondisi
tersebut, saya ingin menawarkan produk makanan yang mana bisa menjembatani
anatara orang kaya, menengah maupun miskin. Karena makanan yang saya tawarkan
adalah cocok untuk dijadikan lauk dan juga cocok untuk cemilan. Jadi setiap
golongan orang dapat masuk. Jika dilihat dari faktor kesehatan, produk makanan
saya sangat bergizi, karena banyak mengandung gizi, yaitu “Rempeyek Udang”.
Untuk itu peluang dalam usaha ini sangat bagus. Bisa dilihat dari perkembangan
yang saya jalankan, sebenarnya sudah maju pesat, namun karena keterbatasan
modal akhirnya usaha ini hanya berkutat putar balik, artinya keuntungannya
hanya untuk modal dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jika modal lebih banyak,
produksi pun banyak dan dalam masa selanjutnya akan membuka banyak cabang,
tentu juga membutuhkan banyak karyawan, yang mana juga dapat bermanfaat orang
banyak.
B.
Visi
·
Menjadikan
makanan khas
·
Mendongkrak
perokonomian daerah
C.
Misi
·
Menawarkan
makanan khas yang memiliki khasiat
·
Menjual
makanan yang murah, enak dan cocok untuk segala cuaca
D.
Tujuan Usaha
Melihat kondisis masyarakat kecil yang dipermainkan dalam konteks
perokonomian. Produk makanan ini nanti akan membuat sistem yang saling
menguntungkan, yang mana bisa dijadikan acuan oleh daerah.
II.
Ringkasan Produk
1.
Profil Usaha
Ø
Nama : Rempeyek Udang
Ø
Jenis
Usaha : Makanan Khas
Ø
Alamat : 002/006 Menco, Berahan
Wetan, Wedung Demak
Ø HP :
085840972400
2.
Gambaran Awal Usaha
Produk ini awalnya dimulai dengan modal seadanya, sampai sekarang
ternyata perkembangannya lumayan pesat, namun keuntungannya hanya putar balik.
Nah untuk mengembangkannya diperlukan modal yang lumayan besar sehingga bisa
menjadi ikon di daerahku.
3.
Produk
1)
Gambaran Produk
Produk makanan ini menggunakan bahan yang menjadi mata pencahariaan
di daerah saya, mudah mendapatkan bahan-bahannya dan lumayan murah, yaitu
“udang”. Udang ini dibuat Rempeyek yang Renyah sehingga cocok untuk kondisi apa-pun.
2)
Gambaran Persaingan
Memang tidak dipungkiri, di daerah saya sudah banyak pesaing yang
membuat produk yang sama, namun karena produk saya yang pertama dan
kelezatannya sudah terkenal, sehingga tidak mempengaruhi penjualan saya.
3)
Gambaran Penjualan
Penjualan pada saat ini masih berkutat ke daerah saya saja, rencana
ke depan, mencari sales dan menyebarkan produk ini keseluruh Demak, setelah
maju, membuat cabang-cabang di kota-kota lain.
III.
Analisis SWOT
a)
Strengt (Kekuatan)
·
Rasanya
renyah, gurih dan murah
·
Cocok
untuk segala kondisi
·
Cocok
untuk cemilan dan lauk
b)
Weakness (Kelemahan)
·
Kurangnya
karyawan
·
Kurangnya
modal
·
Daya
tahan hanya satu bulan
·
Cuaca
hujan, sehingga untuk menjemur udangnya kesulitan
c)
Opprtunity (Peluang)
·
Digemari
masyarakat
·
Pertama
yang membuat di daerah
·
Sudah
menjadi ciri khas daerah
·
Masyarakat
menyukai hal praktis, simple dan mudah didapat
d)
Threat (Ancaman)
·
Bahan
pokok pembuatan sewaktu-waktu berubah-ubah, sehingga kesulitan menentukan harga
·
Tidak
tahan lama “Melempem”
IV.
Perencanaan Keuangan
A.
Biaya Tetap
·
Pengering
Rempeyek :
5.000.000
·
Alat
Pres 5 unit :
5.000.000
·
Kompor
Gas 3 unit : 1.200.000
·
Peralatan
Masak : 2.500.000
·
Pembuatan
Stiker dan banner : 1.00.000
Total :
13.800.000
B.
Biaya Variabel Per-hari
·
Plastik
5 barel : 250.000
·
Bawang
Merah 5 kg : 1.00.000
·
Bawah
Putih 5 kg : 1.00.000
·
Udang
Kering 3 kg : 240.000
·
Mrico
2 ons : 10.000
·
Ketumbar
5 ons : 60.000
·
Laos
5 ons :
10.000
·
Kencur
5 ons : 10.000
·
Tempung
Beras 5 kg : 90.000
·
Tempung
Gandum 30 kg : 90.000
·
Garam
dan Micin : 10.000
·
Kemirir
1 kg : 60.000
Total :
805.000
C.
Total Biaya
Biaya Tetap + Biaya Variabel
13.800.000 + 805.000 = 14.605.000
D.
Daftar Harga
Plastik Kecil = 1.500
Plastik Besar = 4.500
E.
Pendapatan
Target penjualan setiap hari adalah 2.500 per-hari plastik kecil
dan 5.00 untuk plastik besar.
Penadapatan harian untuk
plasti kecil : 500 X 2500
= 1.250.000
untuk
plastik besar : 500 X 750
= 3.75.000
Total Pendapatan setiap hari =
1.250.000 + 3.75.00 =
1.625.000
Total keuntungan setiap bulan =
30 X 1.625.000 =
48.750.000
V.
Penutup
A.
Antispasi Masa Depan
Saya akan terus mengembangkan inovasi tentang rasa, sehingga
konsumen bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, dan akan tetap menerima masukan
kritik, saran yang membangun dari konsumen.
B.
Kesimpulan
Menurut saya, melihat perkembangan yang saya alami selama satu
tahun ini, mengalami perkembangan sangat pesat, melihat pesanana yang terus
meningkat setiap hari, itupun baru di daerah saya, apalagi nanti disebar di
daerah-daerah yang mahal harga udangnya, tentu akan sangat tertarik. Melihat
peluang itu, saya yakin usaha ini akan sukses besar.
No comments:
Post a Comment